Sabtu, 04 Oktober 2014

TIDAK BERANI TAMPIL (Opini)

hay?
Tak berani tampil? Mengapa seseorang tidak berani tampil? Bukan kah tampil di depan umum adalah suatu kebanggaan? Bagi beberapa orang tampil didepan umum merupakan kemaluan diri sendiri. Faktor apa yang mendorong seseorang tidak berani tampil?
Ada beberapa orang yang sangat percaya diri tampil di depan umum dan merasa dirinya adalah seorang pemimipin. YAP!!! Hanya beberapa orang saja. Bahkan hanya orang-orang yang menonjol dan orang-orang cerdas saja. Apakah hanya beberapa orang saja yang dapat menjadi seorang pemimpin? Tentu saja tidak. Masih banyak yang dapat menjadi seorang pemimpin


1. TIDAK PERCAYA DIRI
       Ini adalah faktor yang paling mendasar seseorang tidak berani tampil. Kepercayaan dirilah yang mampu membuat seseorang tampil di depan umum. Merasa dirinya tak mampu ataupun merasa dirinya bukan seorang pemimpin yang tepat bahkan merasa dirinya bodoh. Kepercayaan diri ini lah yang seharusnya dikembangkan dari diri kita masing-masing. Melatih kepercayaan diri sangat lah penting. Bisa melalui pembinaan karakter siswa, berpendapat, presentasi kelompok, bahkan menjadi pengurus kelas.Hal-hal yang kecil dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang datang dari masing-masing pribadi. Menjadi seorang pemimpin dimulai dari niat dari masing-masing pribadi, dari perubahan kecil akan menumbuhkan pemimpin generasi bangsa kelak.


2.  MALU
       Faktor inilah yang menjadi alasan banyak siswa untuk tampil didepan umum. Yapp!! Saya sendiri sebagai siswa SMP mengakui bahwa, remaja lebih mengandalkan orang lain dibandingkan keyakinan dirinya sendiri. Jaim(jaga image)! Menjaga harga diri dan tidak mau dipermalukan oleh teman-teman. Mempermalukan? Justru berani tampil itu membanggakan. Bangga atas keberanian diri sendiri itu SESUATU. Hanya berani di belakang tanpa mengutarakan kepada khalayak umum. Membanggakan orang lain bukan kah merupakan suatu kebahagian terhadap diri kita? Apakah kita malu menjadi seorang pemimpin? Malu? Siapa yang akan memimpin bangsa demokrasi ini? Be Brave!! Malu Jika Kalian Para Remaja yang Selalu Mengandalkan orang lain.


3.    MEMENTINGKAN KEPENTINGAN DIRI SENDIRI
         Hal yang menarik untuk dibahas! Manusia adalah makhluk sosial. Sebagaimana kita semua ketahui, kita sebagai manusia selalu berdampingan dan memerlukan orang lain. Saling Membantu! Itu jawaban nya! Banyak (namun tak semua) manusia-manusia egois yang mementingkan dirinya sendiri. Tak ingin berbagi ilmu untuk orang lain dengan tampil presentasi, penjelasan kelompok belajar, bahkan menjawab pertanyaan dari guru. Pintar hanya untuk dirinya sendiri. Hanya sekedar dirinya tau, tanpa peduli orang lain tau atau tidak. Ilmu yang dipendam untuk dirinya sendiri. Orang lain juga memerlukan banyak ilmu, guys!!


4.  ADA ORANG LAIN
       Ada orang lain! Kata-kata ini yang sering diucapkan segelintir orang. "Pasti ada orang lain" Jika tidak ada orang lain? Kita mau apa? Diam? Atau mengalah dan menjadi seorang pemimpin? Seharusnya, kita mampu bukankarena paksaan atau ketergantungan terhadap orang lain. Tanpa orang lain pun kita juga bisa menjadi pemimpin. Tak ada yang tidak mungkin, selama ada niat dalam diri kita. Tergantung pada orang lain tak seharusnya kita lakukan. Baik ataupun buruk, BERANI! Itu yang perlu dihargai.

Bagaimana? Apakah kalian mengubah jalan pikiran anda tentang tampil di depan umum? Dari perubahan-perubahan kecil pun kita dapat menjadi pemimpin. Memimpin diri sendiri, orang lain, bahkan setitik belahan dunia. Semangat untuk perubahan! Berani Tampil Baik!!                                                                                                            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar